Belajar Vim : Mengapa Harus Memilih Teks Editor Vim ?

Dari beberapa teks editor semisal Sublime Teks, Visual Studio Code, Atom atau Notepad ++, ini merupakan beberapa nama teks editor yang familiar ditelinga para programmer dan banyak yang menggunakannya.

Tetapi ada jugo lho teks editor yang powerfull selain nama yang telah di sebutkan tadi bahkan komunitasnya pun masih axis dan tersebar di belahan dunia.

Ya, sesuai apa yang akan di bahas kali ini yaitu mengenai teks editor Vim. Tapi sebelum itu, apakah kamu pernah mendengar teks editor Vim ?

Jika kamu baru mendengar teks editor Vim, di artikel ini saya akan membantu anda untuk mengenalnya dan mengapa harus memilih teks editor Vim ini :

Apa itu Teks Editor Vim ?

belajar-vim-situskode.png

Vim atau Vi Improved merupakan salah satu teks editor hasil dari pengembangan teks editor Vi oleh seorang yang bernama Bram Moolenaar, oleh sebab itu Vim menambahkan akhiran im (improved / di tingkatkan) dalam penamaan belakangnya.

Dalam tampilannya, Vim bekerja pada sebuah terminal/ bash, disini kita tidak menemukan icon ataupun menu seperti teks editor pada umumnya. Bahkan mouse pun disini mungkin tidak banyak membantu atau tidak ada fungsinya sama sekali.

Selain itu juga, ada Vim yang sudah menggunakan versi GUI atau tampilan grafis. sehingga dengan menghadirkan versi ini dapat lebih memudahkan dalam penggunaannya dibandingkan dengan versi terminal / bashnya.

Sebagai gantinya vim melakukannya dengan memasukan perintah – perintah khusus yang di ketikan full menggunakan keyboard. Tetapi secara fungsionalitas dan kecepatan Vim mungkin bisa di atas teks editor yang lainnya asalkan kita sudah mahir dalam menggunaannya.

Beberapa kelebihan ini mungkin bisa membuat anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai teks editor Vim ini, di antara kelebihannya yaitu :

Beberapa kelebihan Vim

1. Open Source

Kelebihan yang pertama ini, anda tidak perlu membayar sepeserpun hanya untuk membeli sebuah licensi remi dari sebuah editor Vim ini. Karena vim bersifat Open Source (bebas) jadi anda tinggal menggunakannya.

Meskipun Vim ini open source tapi jangan mengaggap remeh fitur – fitur yang mendukungnya dan membandingkan dengan editor yang berbayar lainnya. ada banyak sekali fitur – fitur mendukung lainnya dan ke semuanya itu open source.

Tetapi jika anda mau berkontribusi terhadap proyek Open Source ini, anda bisa mengandalkan skill anda untuk mengembangkan source code aslinya. Dan jika anda tidak mempunyai kelebihan akan hal itu, anda bisa menyumbangkan donasi kepada proyek Open Source ini.

2. Tidak pakai Mouse

Nah, menurut saya yang paling special dari Vim ini yaitu tidak menggunakan mouse. Meskipun begitu, hal ini bukan malah menjadikannya sebuah kelemahan yang ada di Vim.

Dengan tidak menggunakan mouse ini menjadikan sebuah keunikan bahkan kelebihan dibandingkan dengan teks editor lainnya. Karena anda bisa lebih menghemat waktu dari pepindahan keyboard ke mouse.

Kok bisa tidak pakai mouse ? ya bisa karena di editor Vim ini dalam menjalankan sebuah printah seperti cut, copy, delete dll itu menggunakan shorcut khusus yang telah terintegrasi dengan Vim.

3. Customizable ( Dapat Disesuaikan)

Dalam penggunaannya vim dapat di sesuaikan untuk bidang apa Vim ini akan di gunakan, anda dapat mengkustomisasinya sesuai keinginan. Hanya tinggal memasang sebuah plugin dengan sedikit trik customisasi maka Vim bisa berjalan sesuai apa yang telah kita konfigurasi.

Ada beberapa situs penyedia plugin atau pun tema yang sering saya gunakan di antaranya adalah :

4. Lebih Produktif lagi

Vim secara tidak langsung mengajarkan kepada kita agar lebih produktif lagi dalam memecahkan masalah, anda tidak menggunakan mousepun itu mengajarkan anda lebih produktif untuk menghapal shorcut key yang ada sebagai gantinya.

Contohnya lagi ketika kita ingin membuat sebuah baris program dimana itu di tulis berulang -ulang. Maka dengan memasukan sedikit shortcut key yang telah kita buat, maka masalah tersebut hanya memerlukan waktu yang singkat dan waktu selebihnya bisa dipakai untuk mengerjakan baris program berikutnya.

Oleh sebab itu kita harus mencari langkah yang sederhana untuk memecahkan suatu masalah dengan efektif dan efesien. Masih banyak lagi hal yang mengajarkan kita agar lebih produktif lagi di Vim ini.

5. Ringan dan Hemat RAM

Bagi sebagian orang yang memiliki PC berspek kentang mungkin ketika ingin memasang suatu software akan mempertimbangkan ukuran dan memakan RAM berapa untuk di pasang di PC nya, termasuk saya 🙂

Di Vim ini anda tidak perlu khawatir akan hal itu ukuran di Vim sangatlah kecil jika di bandingkan dengan teks editor yang lainnya ukuran nya pun kurang dari 10 mb. Dan untuk konsumsi RAM sangat hemat deh pokoknya, recomended untuk anda yang memiliki PC berspek kentang.

Kesimpulan

Vim merupakan sebuah teks editor yang patut anda coba, dari beberapa kelebihan yang telah di sebutkan menjadikannya istimewa jika dibandingkan dengan teks editor lain.

Kedepannya didalam situs ini akan memberikan beberapa pembahasan untuk mempelajari Vim ini, ikuti terus jika anda ingin mendalami lebih dalam lagi.

Andriansyah

Seorang yang gemar mempelajari hal - hal yang baru di dunia Web developer dan sebagai fans dari club Arsenal :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *