Mengenal OS Puppy Linux Bionic 18.04

1. Dasar Teori

Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.

2. Langkah Instalasi

Untuk langkah instalasinya kita gunakan aplikasi Virtula bernama VM Ware Workstation

  • Kita jalankan aplikasi VMware Jika aplikasi VMware sudah di install. Kemudian buat virtual baru dengan memilih opsi Create a New Virtual Machine
  • Setelah itu kita bisa memilih 2 opsi type konfigurasi, agar lebih mudahnya kita bisa pilih typical(recommended) karena pengaturan fitur yang akan di install akan terinstall secara otomatis. Tetapi untuk type Custom(advanced), harus mengatur fitur-fitur yang ada didalamnya terlebih dahulu.
  • Lalu akan tampil jendela seperti ini pilih Installer disc image file (iso). Setelah itu klik browse lalu cari file iso yang akan anda jadikan sebagai system operasi virtualnya lalu pilih next.
  • Pada jendela ini kita akan memberikan nama virtual machine dan tempat peletakannya
  • Pada jendela Specity Disk Capacity kita akan menetapkan berapa ukuran hardisk yang akan kita pakai, di sana tertulis bahwa rekomendasi untuk besaran hardisk Bionic Puppy adalah : 20 GB karena saya memilih rekomendasi seperti OS pada Ubuntu-64 bit. Tetapi saya memilih 25 GB lalu pilih Store virtal disk as a single file  Lalu pilih next.
  • Setelah itu muncul jendela seperti ini lalu kita, pilih customize hardware fungsinya untuk mengkonfigurasi kondisi hardware yang akan di pakai di virtual machine sesuai keinginan kita.
  • Kemudian klik opsi CD/DVD (SATA) pilih opsi use ISO image file dan cari instaler Bionic Puppy nya yang berformat .ISO dimana kamu menyimpanya, kemudian klik OK.
  • Setelah membuat virtualnya, selanjutnya kita akan melakukan penginstalan GNU / Linux Puppy BIonic melalui virtual yang sudah kita buat tadi. Pada tampilan seperti gambar disamping kita klik Power on this virtual machine untuk memulai penginstalan.
  • Kemudian proses penginstalan akan segera di mulai tunggu proses tersebut hingga benar benar selesai.
  • Jika proses instalasi sudah semuanya selesai, maka akan muncul tampilan awal dari OS Puppy Linux Bionic 18.04 ini
  • Tampilan terminal
  • Tampilan File Explorer (Thumbs)
  • Tampilan Word (AbiWord)
  • Tampilan pengaturan

3. Fitur

Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap. Dapat dijalankan (boot) dari:

Melakukan instalasi sebuah versi Puppy ke hard disk, USB disk, Zip disk, dll. dapat dilakukan dari live-Puppy atau cara instalasi lain.

Sebuah ciri khas yang membedakan Puppy Linux dari distribusi Linux lainnya adalah kemampuannya untuk beroperasi memakai write-once CD (CD sekali rekam), jadi tidak perlu memakai rewritable CD (CD yang dapat berulangkali merekam.) Puppy akan secara otomatis mengenali perubahan-perubahan di sistem file dan menyimpannya berurutan di CD. Jika CD penuh, pemakai dapat dengan mudah mengganti dengan CD baru yang akan merekam semua file dan pengaturan desktop. Distribusi Linux lain memang ada yang menyediakan sistem operasi versi Live CD, tetapi tidak bisa menambah atau merekam dalam Live CD tersebut.

Puppy Linux juga mempunyai sistem penulisan penyimpanan (write-caching system) yang canggih sehingga dapat memperpanjang umur pemakaian USB flash drives yang menggunakan Puppy Linux.

Live USB Puppy Linux dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin [1].

Untuk meng-instal program, Puppy Linux menggunakan package manager sendiri bernama PetGet. Package manager yang lama, DotPup, masih dapat digunakan.

Puppy juga memiliki “remaster tool” untuk membuat live-CD versi anda sendiri dengan merekam semua perubahan yang sudah anda lakukan.

4. SpeedTest

Dalam pengetesan ini saya menggunakan :

  • Puppy Linux (OS)
  • Mozila Sea Monkey (Web)
  • SpeedTest.net (oleh Ookla)
  • Tethering (IM3 ooredoo)
  • Server (Jakarta)

5. Kesimpulan

Fungsi Puppy Linux yaitu membuat pengkomputeran menjadi mudah dan cepat, bisa menghemat uang bahkan bisa melakukan pemulihan data dari PC yang rusak atau dengan mematikan malware dari windows. Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap. Kelebihan Puppy Linux :

  1. Salah satu sistem operasi gratis yang yang dibuat khusus dengan ukurannya yang kecil sehingga mudah dan cepat dioperasikan.
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk booting sangat singkat, tetapi tergantung spesifikasi komputer juga. 
  3. Puppy Linux juga mempunyai suatu kelebihan yang bisa membuat user menjadi terkesan terutama dalam segi efek 3D yang di naungi compiz fusion. Walaupun mempunyai kapasitas kecil yang di kompres dalam file *.iso, tetapi Puppy Linux sudah di bekali dengan berbagai aplikasi baik office maupun game.  
  4. Software bawaan linux juga lumayan lengkap, seperti office ( AbiWord, Gnumeric, dll ), Multimedia ( Gxine, Googles Music Manager, dll ), Internet ( Firefox 2.0.4, Google Chrome, dll ) dan sebagainya. Software lain juga bisa ditambahkan melalui repository nya. 

Kekurangan Puppy Linux :

  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa menggunakan dengan Puppy Linux atau Disto linux lainnya.
  2. Mempunyai tampilan yang sederhana.
  3. dan Puppy Linux ini masih menggunakan Abi Word yang mungkin terlalu simple dalam segi pengolahan office.

Andriansyah

Seorang yang gemar mempelajari hal - hal yang baru di dunia Web developer dan sebagai fans dari club Arsenal :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *