Software Untuk Kebutuhan Mahasiswa di Linux

Software Untuk Kebutuhan Mahasiswa di Linux
Software Untuk Kebutuhan Mahasiswa di Linux

Apakah anda sedang bingung mencari software – software untuk kebutuhanmu sebagai mahasiswa ? sedangkan anda merupakan pengguna Sistem Operasi GNU Linux yang baru beradaptasi dan ingin menggunakan nya untuk waktu selama proses perkuliahan ?

Nah, mungkin artikel ini pas untuk anda yang sedang mencari permasalahan berkuliah tersebut.

Karena, saya pun menggunakan Sistem Operasi GNU Linux ini untuk keperluan selama proses perkuliahan, oleh sebab itu saya akan membagikan software apa saja yang telah saya pakai berdasarkan pengalaman saya selama proses perkuliahan.

MACAM MACAM SOFTWARE

1.Libre Office (Office)

Tulis Menulis, Menghitung, dan Presentasi tentu merupakan hal yang sering di lakukan oleh mahasiswa jurusan manapun, sebagian besar waktu yang mereka habiskan bisa dikatakan di jenis software ini.

Di sini saya merekomendasikan Libre Office sebagai software untuk permasalahan tersebut, karena selain Open Source software ini juga sudah terpasang secara otomatis sehingga kita tidak perlu repot – repot lagi untuk menginstalnya.

Untuk mengoperasikannya pun, tidak jauh berbeda dengan nama software yang sudah familiar di OS Jendela, sehingga untuk adaptasinya tidak memerlukan waktu yang lama agar bisa menggunakannya dalam proses perkuliahan.

Libre Office Sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya :

  • Libree Office Writter (Software pengolah kata)
  • Libree Office Calc (Software pengolah angka)
  • Libree Office Math (Software untuk Matematika).

2. Opera Mini ( Browser )

Web browser merupakan software yang tidak terpisahkan di kalangan para mahasiswa, karena disini aktifitas pencarian informasi dan referensi dapat di akses dengan perantara software ini.

Saya memilih Web Browser Opera mini ini, karena ada beberapa alasan tersindiri yaitu dalam menjalankannya cukup ringan sehingga dapat menghemat ram, dan juga di dalamnya sudah tersedia aplikasi Whatsapp Web, Messenger, Personal News ( Berita ) dan sudah terpasang VPN.

Untuk keperluan dalam Web Programming (Jurusan TI) tentu web browser ini merupakan software yang handal, sama dengan web browser yang lainnya.

3. Airdroid (File Sharing)

Jika anda ingin mengirimkan berkas berkas dari Smartphone kedalam PC anda maka Airdroid lah salah satu rekomendasinya.

Airdroid ini memiliki banyak sekali fiturnya mulai dari file sharing, sms, remote dan masih banyak lagi, untuk menjalankannya anda harus memasang nya terlebih dahulu di Smartphone dan untuk di PC kita bisa masuk kedalam Airdroid Web nya.

Dalam software ini saya menggunakan salah satu fiturnya untuk mengirimkan berkas (File Sharing) dari Smartpphone Android pada PC saya, dimana ini sangat membantu dalam mengirimkan berkas berkas penting perkuliahan.

4. Okular ( PDF Editor)

Selama proses perkuliahan tentu ada materi atau tugas dimana harus membuat atau membuka file yang berformat .pdf , untuk itu saya merekomendasikan software okular ini.

Meskipun tidak jauh beda dengan software PDF Editor lain tapi anda boleh mencobanya, karena menurut saya software ini merupakan software PDF Editor terbaik yang saya temukan khususnya di GNU Linux.

5. Shutter (Screen shoot)

Seorang mahasiswa pasti dalam membuat sebuah tutorial yang berisi langkah – langkah tentu memerlukan software screen shoot dalam mengambil setiap langkahnya agar lebih memudahkan pembaca dalam memahaminya.

Shutter ini merupakan salah satu rekomendasi software screenshoot di GNU Linux, anda hanya tinggal menekan tombol PrtSc SysRq pada keyboard anda.

Meskipun di GNU Linux juga anda hanya tinggal menekan tombol tersebut untus menangkap layar, tetapi tools yang di tawarkannya sangat banyak dibandingkan dengan software bawaan defaultnya.

6. Visual Studio Code (Text Editor)

Jika anda mengambil jurusan Teknik Informatika, tentu ngoding tidak bisa di pisahkan selama proses perkuliahan anda.

Oleh sebab itu anda perlu menyiapkan tools (Teks Editor ) yang memberikan kemudahan dan kenyamanan sehingga nantinya waktu ngoding anda lebih efektif dan efisien.

Saya Merekomendasikan Teks Editor ini karena ringan, tampilan modern dan support ke banyak bahasa pemrogramman. dan banyak juga fitur fitur yang membantu proses ngoding anda, recomend banget deh pokoknya.

7. GIMP (Photo Editor)

Mungkin bagi yang menggeluti dunia Desain sudah tidak asing lagi dengan namanya Adobe Photoshop, nah di Sistem Operasi GNU Linux ini ada juga Software penggantinya yaitu GIMP.

Dari segi fungsi dan toolsnya tidak jauh berbeda dengan Photoshop, kelebihan GIMP ini yaitu yang bersifat Open Source sehingga anda tidak perlu merogoh dompet anda.

8. Sticky Notes (Notes)

Jika kamu suka menulis catatan kecil seperti hal hal penting, jadwal pengingat maupun sesuatu hal yang terlintas di kepala, agar nantinya tidak lupa maka software ini salah satu solusinya.

Dalam penggunaan nya aplikasi ini tidaklah sulit, anda biasa langsung menuliskan catatan di dalamnya, jika ingin ada sedikit pengaturan anda juga bisa mengatur tampilan warna, tulisan, dan mengunci catatan supaya tidak terhapus secara tidak sengaja.

Meskipun software ini berukuran kecil tapi manfaat yang di tawarkan cukup besar terutama bagi anda yang orangnya pelupa maka software ini saya solusinya.

Andriansyah

Seorang yang gemar mempelajari hal - hal yang baru di dunia Web developer dan sebagai fans dari club Arsenal :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *